Inggris Segera Kirim Vaksin Covid-19 ke Indonesia

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Pemerintah Inggris dilaporkan bakal menyumbangkan vaksin corona untuk Indonesia. Pernyataan itu diutarakan Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, saat bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi.

“Mengenai jumlah dan waktu pengiriman masih akan kita bahas lebih lanjut,” kata Retno dalam konferensi pers virtual.

Selain soal rencana bantuan vaksin, Retno dan Raab juga membahas komitmen Inggris untuk lebih mengintensifkan interaksi dengan anggota Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

“Ketiga, kita membahas persiapan pelaksanaan COP26 di mana Inggris menjadi tuan rumah. Indonesia menekankan bahwa komitmen-komitmen yang telah diberikan sesuai Paris Agreement penting untuk di- implementasikan, termasuk terkait mengenai ketersediaan adaptation fund,” papar Retno.

Reto mengatakan kerja sama Indonesia dengan Inggris terus menguat. Selain Inggris, Jepang juga berencana menyumbangkan 1 juta dosis vaksin Covid-19 untuk Indonesia.

Jepang akan menyalurkan sumbangan vaksin ini di luar skema COVAX yang dikoordinasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Melalui skema pengiriman langsung ini, Jepang akan menghibahkan dua juta dosis vaksin corona buatan AstraZeneca untuk Taiwan. Mereka juga bakal menyumbangkan masing-masing satu juta dosis untuk Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina. (*)

BERITA REKOMENDASI