Inggris Tudih China Lakukan Pelanggaran HAM Etnis Uighur

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Inggris mendesak China mengizinkan Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengunjungi Xinjiang, untuk menyelidiki dugaan pelanggaran HAM terhadap etnis Uighur.

Desakan itu diutarakan Inggris setelah melayangkan tudingan baru bahwa China melakukan pelanggaran HAM terhadap etnis minoritas Uighur yang tinggal di Xinjiang.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab pada pekan lalu menyatakan kecamannya terhadap sistem kerja paksa yang diterapkan terhadap etnis Uighur. Selain kerja paksa, Raab juga mengecam sterilisasi secara paksa yang diterapkan terhadap etnis Uighur.

“Apakah itu genosida atau tidak, harus ditentukan oleh pengadilan. Tapi kriteria (pelanggaran) sudah sangat tinggi,” kata Raab.

Bersama dengan tudingan itu, Inggris juga mengajukan kontrol impor terhadap perusahaan-perusahaan yang mungkin menggunakan barang yang berasal dari Xinjiang. Inggris khawatir barang-barang tersebut dibuat oleh sistem kerja paksa yang diterapkan terhadap etnis Uighur. (*)

BERITA REKOMENDASI