Inggris Tuduh Intelijen China Menyusup ke Parlemen

Editor: Ivan Aditya

INGGRIS, KRJOGJA.com – Lembaga Keamanan Inggris, MI5, telah memperingatkan kepada anggota parlemen bahwa ada seorang perempuan yang terkoneksi dengan Partai Komunis China (PKC), menyusup di Parlemen Inggris. Ia diduga turut intervensi dalam politik negara itu.

MI5 menuduh Christine Ching Kui Lee telah bertindak secara diam-diam dengan Departemen Front Persatuan Buruh (UFWD), PKC. Christine juga dinilai terlibat dalam kegiatan campur tangan politik di Inggris, tambah lembaga itu.

“Kami menilai UFWD tengah berusaha secara diam-diam ikut campur dalam politik Inggris melalui hubungan dengan Anggota Parlemen yang mapan dan bercita-cita tinggi di seluruh spektrum politik,” demikian pernyataan MI5.

Peringatan itu juga menyebut Lee telah memfasilitasi sumbangan keuangan dari partai politik, Anggota Parlemen, calon Anggota Parlemen, dan individu yang mencari jabatan politik di Inggris. “Termasuk memfasilitasi sumbangan kepada entitas politik atas nama warga negara asing,” lanjut MI5.

Menurut MI5, aktivitas senentara Lee untuk merepresentasikan komunitas warga China Inggris dan meningkatkan keberagaman. (*)

BERITA REKOMENDASI