Ini Alasan Jemaah Haji Jalani Umrah Berkali-kali

MAKKAH, KRJOGJA.com – Jemaah haji Indonesia memanfaatkan waktu selama berada di Makkah untuk memperbanyak ibadah dan melaksanakan umrah. Tidak sedikit jemaah yang melaksanakan umrah hingga berkali-kali.

Selain karena sudah diprogram Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), alasan lain juga dikemukakan jemaah terkait hal tersebut.

Seperti halnya Imam Syafii Abdullah, jemaah asal Sampang Madura yang mengaku sudah dua kali ini berumrah untuk musim haji ini. Ia sengaja melakukan umrah kedua untuk badal orang tuanya.

"Umrah ini diniatkan untuk almarhum bapak yang tahun 2010 niat mau haji, sudah daftar tapi meninggal tahun 2014. Mau diganti tapi tidak bisa lalu tahun 2016 ditarik uangnya. Jadi umrah sekarang untuk badal haji nanti," kata Imam Syafii saat ditemui Tim MCH di Masjid Aisyah Taniem Makkah.

Lain halnya dengan Abdurrahim (60), jemaah Kloter 4 JKG. Ia mengaku sudah tiga kali umrah. Selain karena memang sudah diprogram KBIH, ia juga menganggap waktu yang ada sebagai kesempatan jarang terjadi.

"Ya, namanya juga jarang ke sini," ujarnya.

Sementara jemaah asal Kloter 4 Embarkasi JKG, Eman Abdurrahman juga mengaku sudah tiga kali umrah. Ia hanya mengikuti program KBIH yang menjanjikan umrah tiga kali di Tanah Suci. "Katanya tiga kali sih. justru karena sekarang masih sepi," kata Eman.

Soal ini, konsultan ibadah Daker Madinah Drs Tulus tidak mempermasalahkan umrah berkali-kali. Hanya saja untuk jemaah yang berisiko tinggi dan lansia tidak dianjurkan karena ditakutkan akan kelelahan.

"Jangan sampai merugikan diri sendiri. Sebab proses ibadah haji masih panjang dan membutuhkan stamina maupun fisik prima," ucapnya.

Setelah mengambil miqat di Masjid Aisyah Tan'iem, jemaah beristirahat sejenak di hotel lalu berangkat ke Masjidil Haram dengan Bus Shalawat. (Feb)

 

BERITA REKOMENDASI