Ini Dia 52 Duta Bahasa Indonesia Lulusan Arab

ARAB SAUDI, KRJOGJA.com – Setelah menggelar kursus BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) selama tiga bulan, KJRI Jeddah mewisuda 52 orang lulusannya pada Senin, 14 Mei 2018 malam waktu setempat. Para lulusan ini adalah peserta yang aktif mengikuti pembelajaran dari awal hingga selesai dan lulus dalam ujian akhir.

Dalam laporannya pada acara penutupan BIPA, Ketua Pelaksana Kursus BIPA, Umar Badarsyah, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar bahasa Indonesia tahun ini lebih baik dari sebelumnya.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Jumat (18/5/2018), Umar menyebut membaiknya pelaksanaan tersebut karena seluruh guru pengajar BIPA telah mendapatkan pelatihan terlebih dahulu dalam kegiatan Training of Trainer BIPA.

Selain itu, mulai tahun ini KJRI menerapkan pola belajar BIPA mengikuti kurikulum yang telah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan ini memudahkan bagi guru dan peserta untuk mengikuti proses pembelajaran Bahasa Indonesia.

"BIPA tahun ini diikuti oleh 98 peserta dari 130 orang pendaftar yang merupakan hasil dari seleksi penerimaan yang ketat. Peserta dibagi dalam empat kelas dengan waktu belajar dari Minggu hingga Rabu setiap pekannya," Umar menambahkan.(*)

 

BERITA REKOMENDASI