Ini Saran Denmark dalam Penanganan Teroris Internasional

JAKARTA (KRjogja.com) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol. Drs. Suhardi Alius, MH, menerima kunjungan kerja Kepala Badan Anti Teror Denmark (Denmark's Special Representative for Counter Terrorism / DSRCT), Jens Madsen, di kantor perwakilan BNPT yang berada di salah satu Gedung Kementerian di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

“Di pertemuan ini kami berdiskusi atau sharing informasi yang berkaitan dengan masalah terorisme baik yang ada di Indonesia maupun di Denmark sebagai bahan perbandingan dan langkah-langkah apa yang dilakukan BNPT selama ini dalam menanggulangi aksi terorisme,” ujar Komjen Pol. Suhardi Alius usai melakukan pertemuan tersebut.

Kepala BNPT menjelaskan bahwa pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari permintaan Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge  yang telah bertemu Kepala BNPT sekitar dua pekan lalu agar BNPT mau bertemu dengan DSRCT.

“Saat pertemuan dengan Duta Besar Denmark lalu mereka meminta agar Kepala BNPT untuk bisa bertemu dengan Kepala Badan Anti Teror Denmark yang kebetulan sedang dalam kunjungan ke Indonesia yang juga dalam rangka mengunjungi JCLEC (Jakarta Center For Law Enforcement Cooperation) yang ada di Semarang,” ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Di pertemuan tersebut menurut alumni Akpol 1985 ini, Denmark juga banyak memberikan masukan karena Denmark sendiri juga menjadi suatu target dari kegiatan kelompok Islamic State Iraq and Suriah (ISIS). Hal tersebut dikarenakan Denmark juga ikut berkontribusi dalam pasukan koalisi bersama Amerika untuk memerangi ISIS.

“Selain itu kami juga membicarakan masalah fonomena Foreign Terrorist Fighters (FTF) yang kembali ke Denmark sekitar hampir 100 orang. Problemnya kurang lebih sama dengan yang dihadapi Indonesia. Oleh sebab itu Denmark juga ingin mengetahui bagaimana caranya Indonesia dalam mengatasai permasalahan FTF tersebut,” ujar pria yang pernah menjabat Kapolda Jawa Barat dan Kepala Divisi Humas Polri ini. (*)

BERITA REKOMENDASI