Inilah 4 Hantaman Meteor Terdahsyat di Bumi

JAKARTA (KRjogja.com) – Bumi kerap kali mendapat ancaman hantaman meteor dari luar angkasa. Bahkan, dari sejumlah kasus yang telah terjadi, ukuran meteor yang jatuh ke Bumi menunjukkan bentuk yang sangat besar.

Seperti dinukil dari berbagai sumber oleh Okezone, inilah sejumlah penampakan meteor yang pernah jatuh ke Bumi. 

Hoba

Batu meteor ini menjadi salah satu meteor terbesar yang pernah jatuh ke Bumi. Meteor ini sendiri memiliki berat 60 ton. Sejak pertama kali ditemukan, meteor ini tidak dipindahkan dan tetap berada di Amibia.

Barringer

Jatuh pada 49.000 tahun yang lalu, meteor ini memiliki berat kurang lebih 300.000 ton. Sehingga saat menabrak Bumi, meteor ini menciptakan sebuah kawah dengan lebar 2 km dan kedalaman 175 meter.

Deeb Bay

Selain itu, terdapat juga meteor yang jatuh di Kanada pada 100 juta tahun yang lalu. Akibat jatuhnya metor tersebut, menyebabkan sebuah kawah dengan diameter 13 km dengan kedalaman 220 m. Kini, kawah tersebut menjadi sebuah danau.

Bacubirito

Meteor yang ditemukan di Meksiko ini juga menjadi salah satu meteor terbesar di dunia yang pernah jatuh ke Bumi. Meteor ini sendiri ditemukan pada 1863 oleh seorang geologiwan bernama Gilbert Ellis Bailey. (*)

BERITA REKOMENDASI