Inilah Deretan Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia, Garuda Indonesia Termasuk?

PESAWAT telah menjadi pilihan untuk bepergian jauh. Moda transportasi ini menjadi andalan karena mampu menjangkau dari belahan bumi satu ke bagian lain. Keamanan dan kenyamanan hal utama yang ditawarkan berbagai maskapai kepada pelanggan.

BACA JUGA :

Dunia Internasional Mengakui Penerbangan Garuda Indonesia Selalu 'On Time'

Wilayah Udara Iran 'Dihindari' Garuda Indonesia, Kenapa?

 

Belum lama ini, Skytrax, lembaga penilai industri penerbangan ini kembali merilis daftar maskapai penerbangan terbaik di dunia. Seperti biasa beberapa maskapai ada yang mengalami naik peringkat, tapi juga ada yang turun peringkat, termasuk maskapai asal Indonesia, Garuda yang harus mengalami turun sebanyak tiga peringkat. Berikut data resmi Skytrax belum lama ini :

1. Qatar Airways

Di tahun 2019 ini, Qatar Airways lah yang menduduki peringkat pertama sebagai maskapai penerbangan terbaik.

Maskapai asal Qatar ini juga menempati peringkat pertama di kategori kelas bisnis terbaik. Tahun 2018, Qatar harus puas duduk di urutan kedua.

2. Singapore Airlines

Singapore Airlines harus puas tergeser dari posisi pemuncak, dan kini mereka bertengger di posisi kedua sebagai airlines di dunia. Tapi, Singapore Airlines tetap juara di kelas penerbangan first class.

3. ANA

Maskapai asal Jepang ini tetap bertahan di posisi ketiga. Tapi, tahun ini, mereka mendapatkan penghargaan sebagai maskapai dengan pelayanan bandara terbaik. Selain itu, makanan yang disajikan di penerbangan juga menjadi yang terlezat di dunia.

4. Cathay Pacific Airlines

Maskapai penerbangan asal Hong Kong tahun ini naik ke urutan keempat dari tahun lalu hanya di urutan ke-6. Cathay gak cuma masuk ke jajaran 10 besar airlines terbaik di dunia, tapi mereka juga mendapatkan rating tinggi di aspek teknologi dan keamanan penerbangan.

5. Emirates

Emirates harus terpaksa turun ke urutan ke-5 tergeserkan oleh Cathay. Meski turun, tahun ini Emirates tetap juara di kategori hiburan penerbangan terbaik.

6. Eva Air

Eva Air juga terpaksa turun satu peringkat dari tahun lalu ke posisi keenam. Tapi, soal kebersihan kabin dan katering kelas ekonominya, maskapai yang bermarkas di Taiwan ini menempati peringkat pertama.

7. Hainan Airlines

Maskapai asal China ini berbangga hati karena naik satu peringkat dari tahun lalu. Mereka juga mendapatkan penghargaan sebagai crew kabin terbaik di dunia.

8. Qantas Airways

Posisi Qantas tahun ini meroket tiga posisi dan masuk ke jajaran 10 besar maskapai penerbangan terbaik di dunia. Kelas bisnisnya juga diklaim sebagai yang terbaik di regional Australia Pasifik.

9. Lufthansa

Tahun 2019 bukan tahun yang baik buat maskapai asal Jerman satu ini. Pasalnya, mereka turun peringkat dari tahun lalu yang menempati posisi ke-7. Tapi, Lufthansa masih memegang penghargaan airlines terbaik di Eropa.

10. Thai Airways

Tak bergeser dari posisinya tahun lalu, Thai Airways masih betah di posisi ke-10. Meski banyak maskapai Asia di atas peringkatnya, tapi Thai punya fasilitas spa terbaik di dunia tahun ini.

11. Japan Airlines

Japan Airlines naik dua peringkat dari penilaian tahun lalu. Prestasinya tahun ini yaitu menyabet gelar kursi ekonomi terbaik di dunia.

12. Garuda Indonesia

Nah, buat yang nungguin di mana posisi Garuda Indonesia, tahun ini Garuda Indonesia harus rela turun tiga peringkat dari tahun lalu yang menempati posisi ke-9. Meski terdepak dari 10 besar airlines terbaik, tapi di Indonesia, Garuda masih yang terdepan.

13. Swiss International Airlines

Maskapai asal Swiss ini juga turun satu peringkat. Tapi, mereka memenangkan penghargaan sebagai layanan ruang tunggu kelas satu terbaik di dunia.

14. China Southern Airlines

Posisi China Southern Airlines tak beranjak dari posisi ke-14. Begitu pula dengan posisi mereka yang gak bergeser sebagai maskapai terbesar di Asia.

15. Austrian Airlines

Merangkak satu peringkat ke posisi 15, Austrian Airlines tahun ini juga memenangkan penghargaan katering kelas ekonomi dan kelas bisnis terbaik di Eropa. Mereka juga mendapatkan penghargaan awak kabin terbaik di Eropa lho!

16. Air New Zealand

Penghargaan tertinggi Air New Zealand tahun ini adalah, memenangkan penghargaan airlines dengan ekonomi premium terbaik di Asia Pasifik.

17. Bangkok Airways

Bangkok Airways tahun ini berhasil masuk ke jajaran 20 airlines di dunia. Tahun lalu mereka cuma berada di posisi ke-21.

18. KLM Royal Dutch Airlines

Maskapai ini termasuk yang tertua di dunia, karena telah berdiri sejak tahun 1919. Posisinya lumayan sih naik satu peringkat dari tahun lalu.

19. British Airways

Maskapai asal Inggris ini melompat jauh dari posisinya tahun lalu. Tahun lalu, mereka cuma menempati posisi ke-31, tapi kini secara mengejutkan masuk ke jajaran 20 besar maskapai terbaik di dunia.

20. Air Asia

Maskapai penerbangan serba murah ini menjadi penutup 20 besar maskapai terbaik di dunia. Selain itu, tahun ini Air Asia juga memenangkan penghargaan sebagai penerbangan low cost terbaik di dunia. (*)

 

BERITA REKOMENDASI