Iran akan Borong Senjata dari Rusia

Editor: Ivan Aditya

IRAN (KRjogja.com) – Pemerintah Iran dilaporkan akan memborong senjata dan alat-alat militer dari Rusia. Iran disebut akan membeli tank, artileri, hingga jet tempur dari Negeri Beruang Merah itu. Keterangan mengenai akan adanya pembelian senjata dan alat-alat militer dalam jumlah besar oleh Iran disampaikan Ketua Komite Pertahanan dan Keamanan di Dewan Federasi Rusia, Viktor Ozerov.

Dia mengatakan, rencana pembelian tersebut disampaikan oleh anggota Parlemen Iran saat melakukan kunjungan ke Moksow beberapa waktu lalu. Ozerov menyatakan, Iran setidaknya akan membeli tank T-90 yang merupakan tank generasi terbaru Rusia, beberapa unit jet tempur, dan juga sejumlah helikopter tempur. Ozerov menyebut nilai kontak pembelian itu mencapai USD 10 miliar.

Iran sebelumnya sudah membeli sistem pertahanan S-300 dari Rusia. Sistem pertahanan itu sudah selesai dikirimkan oleh Rusia pada petengahan tahun lalu, yang langsung dipamerkan Iran dalam parade militer mereka.

Pemerintah Iran sendiri sejauh ini belum memberikan pernyataan apapun mengenai rencana pembelian senjata dan alat-alat tempur dari Rusia. Jika ini terealisasi, ini akan menjadi belanja militer terbesar yang pernah dilakukan Iran. (*)

BERITA REKOMENDASI