Iran Bantah Serangan Rudal Jatuhkan Pesawat Ukraina

Editor: Ivan Aditya

IRAN, KRJOGJA.com – Kepala penerbangan sipil Iran Ali Abedzadeh membantah tuduhan yang menyatakan pesawat Ukraina jatuh akibat rudal mereka. Pernyataan itu muncul ketika Teheran menghadapi tekanan internasional terkait kecelakaan tersebut.

"Satu hal yang pasti, pesawat ini tidak terkena rudal," katanya.

Boeing 737 milik Ukraina Airlines pada Rabu lalu Jatuh di Iran, tak lama setelah negara tersebut meluncurkan rudal ke pasukan AS di Irak. Peluncuran rudal sendiri dilakukan sebagai respons Iran atas pembunuhan jenderal senior mereka Qassem Soleimani  oleh tentara AS.

Kecelakaan pesawat tersebut menjadi bencana penerbangan sipil terburuk Iran sejak 1988 atau ketika militer AS mengatakan menembak jatuh pesawat Iran Air di Teluk secara tidak sengaja hingga menewaskan 290 orang di dalamnya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan pada Kamis menyatakan pesawat tersebut jatuh akibat rudal Iran. Pernyataan tersebut ia sampaikan berdasarkan berbagai sumber intelijen yang menunjukkan bahwa rudal darat Iran telah menjatuhkan pesawat setelah lepas landas dari Teheran. (*)

BERITA REKOMENDASI