Iran Baru Wajibkan Warga Kenakan Masker

Editor: Ivan Aditya

IRAN, KRJOGJA.com – Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan jajaran pemerintahannya akan mewajibkan semua orang mengenakan masker ketika berkeliaran di ruang publik. Hal itu membuat orang-orang yang tak mengenakan masker akan ditolak di ruang publik.

Pemerintah juga sebelumnya sudah mewajibkan penggunaan masker ketika menggunakan angkutan umum di Iran. Namun, pemerintah Kota Teheran menyadari hal itu masih kerap dilanggar para pengguna bus dan metro setempat.

Padahal sejak bulan lalu, pemerintah Iran sudah berkampanye besar-besaran soal pemakaian masker saat keluar rumah. Para pejabat dan pembawa acara televisi selalu mengenakan masker di depan kamera untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Oleh sebab itu, Presiden Rouhanni menyatakan peraturan baru yang berlaku ini memerlukan jaminan untuk ditaati para warga demi membendung penyebaran virus yang paling mematikan di Timur Tengah ini.

“Di kantor-kantor pemerintahan mungkin lebih mudah karena kami bisa menolak masuk orang yang tak mengenakan masker,” ucap Presiden Rouhanni. (*)

BERITA REKOMENDASI