Iran Jadikan Pesawat Amerika Sasaran Tembak

Editor: Ivan Aditya

IRAN, KRJOGJA.com – Pemerintah Iran menyatakan mereka sempat hendak menembak jatuh sebuah pesawat militer Amerika Serikat, selain pesawat intai nirawak (drone). Jika hal itu terjadi maka kemungkinan akan memicu perang di antara kedua negara.

"Bersamaan dengan keberadaan drone intai AS di wilayah saat itu juga terdapat pesawat P-8 milik AS dengan 35 awak di dalamnya. Pesawat ini juga memasuki ruang udara Iran dan bisa kami tembak jatuh, tetapi kami tidak melakukannya," kata Kepala Divisi Dirgantara Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), Amirali Hajizadeh.

Pesawat Boeing P-8 Poseidon adalah pesawat khusus militer yang biasa digunakan Angkatan Laut AS. Burung besi itu berfungsi untuk operasi anti-kapal selam dan serang permukaan, serta pengintaian. Perangkatnya dibuat khusus untuk bisa tersambung dengan pesawat intai nirawak RQ-4 Global Hawk.

Utusan AS untuk Iran, Brian Hook, mengkritik sikap IRGC. Menurut dia, seharusnya Iran lebih mengutamakan jalur diplomasi ketimbang kekuatan militer. Atas sikap AS itu, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi, menyerang balik Hook.

"Iran akan merespon diplomasi dengan diplomasi, perang dengan pertahanan kuat," kata Mousavi. (*)

BERITA REKOMENDASI