Iran Peringatkan Uni Emirat Arab

Editor: Ivan Aditya

IRAN, KRJOGJA.com – Iran memperingatkan Uni Emirat Arab karena mengizinkan Israel menggunakan wilayahnya untuk menyerang mereka. Teheran menyebut ini sebagai ancaman bagi keamanan nasional.

Peringatan itu datang beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengumumkan bahwa UEA dan Israel membentuk aliansi melawan Iran. Pompeo mengatakan aliansi itu dibentuk untuk melindungi wilayah Amerika dan Timur Tengah.

Pompeo mengatakan UEA dan Israel sama-sama mengakui Iran sebagai ancaman besar, dan kini mereka menemukan cara untuk memastikan ancaman ini tidak pernah mengusik Amerika atau merugikan siapa pun di Timur Tengah

Seorang pejabat Iran mengatakan bahwa perjanjian normalisasi UEA dengan Israel mengganggu keamanan di kawasan Teluk. “Abu Dhabi bertanggung jawab atas ini,” kata pejabat senior Iran itu.

Pejabat itu mengatakan UEA harus mencabut aliansinya tersebut untuk menghindari konflik lebih lanjut. Dia meminta Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed Bin Zayed untuk tidak membuat kebijakan dan keputusan berdasarkan ilusi. (*)

BERITA REKOMENDASI