Iran Terus Tingkatkan Produksi Uranium

Editor: Ivan Aditya

IRAN, KRJOGJA.com – Iran berencana meningkatkan produksi uranium hingga 20 persen. Mereka telah memberitahu rencana tersebut kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Kabar itu disampaikan oleh pengawas nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Jumlah tersebut jauh melampaui ambang batas yang ditetapkan oleh kesepakatan Wina 2015. “Iran memberi tahu tentang rencana memperkaya uranium hingga 20 persen di pabrik bawah tanah Fordow, untuk mematuhi undang-undang yang baru-baru ini disahkan oleh parlemen Iran,” kata juru bicara IAEA.

Namun surat tertanggal 31 Desember tidak menyebutkan secara pasti kapan pengayaan ini akan dimulai. “Ini merupakan pukulan tambahan,” kata seorang diplomat yang bermarkas di Wina.

Menurut laporan terbaru dari badan PBB yang diterbitkan pada November, Teheran telah memperkaya uranium ke tingkat yang lebih besar dari batas yang ditentukan dalam perjanjian Wina yakni 3,67 persen, tapi tidak melebihi ambang batas 4,5 persen dan masih mematuhi inspeksi IAEA yang sangat ketat. (*)

BERITA REKOMENDASI