Iran Tuding Israel Bunuh Mohsen Fakhrizadeh

Editor: Ivan Aditya

IRAN, KRJOGJA.com – Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Ali Shamkhani, menuduh Israel menggunakan perangkat elektronik untuk membunuh ilmuwan nuklir Mohsen Fakhrizadeh dari jarak jauh. Ali melontarkan komentar tersebut pada pemakaman Mohsen.

Pernyataan Ali pada pemakaman Mohsen pada Senin (30/11/2020) ini secara drastis mengubah kisah pembunuhan Mohsen yang terjadi Jumat lalu. Pihak berwenang awalnya mengatakan sebuah truk meledak dan kemudian orang-orang bersenjata menembaki Mohsen.

Press TV, TV berbahasa Inggris milik pemerintah, sebelumnya melaporkan senjata yang ditemukan dari tempat kejadian memiliki logo dan spesifikasi industri militer Israel.

Sementara saluran TV pemerintah berbahasa Arab, Al-Alam, mengklaim senjata yang digunakan “dikendalikan oleh satelit”. Klaim yang sama juga dilaporkan oleh kantor berita Iran, Fars News pada Minggu.

Kendati demikian tak satu pun dari outlet media tersebut memberikan bukti untuk mendukung klaim mereka. “Sayangnya, operasi tersebut adalah operasi yang sangat rumit dan dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik. Tidak ada orang yang hadir di sana,” kata Ali. (*)

BERITA REKOMENDASI