ISIS Ancam Serangan Aset Turki

Editor: Ivan Aditya

SURIAH (KRjogja.com) – Kelompok militan ISIS menunjuk juru bicara baru menyusul kematian pendahulunya di Suriah pada akhir Agustus lalu. Melalui media pro-militan yang biasa memberitakan perkembangan ISIS, jubir baru tersebut menyerukan para simpatisannya untuk meluncurkan lebih banyak serangan teror, khususnya ke Turki.

Penunjukkan Abi al-Hassan al-Muhajer sebagai jubir baru ISIS dipublikasikan melalui media yang terkait dengan ISIS, Al Furqan. Muhajer menggantikan Abu Mohammad al-Adnani yang tewas dalam serangan udara AS di Suriah pada 30 Agustus lalu.

Muhajer menyerukan kepada simpatisan ISIS di seluruh dunia untuk meluncurkan gelombang serangan terbaru, khusunya terhadap misi diplomatik, militer dan kepentingan finansial Turki.

Muhajer juga menyerukan kepada para militan ISIS untuk mempertahankan kekuasaan mereka di kota Tal Afar, yang kini tengah mendapat gempuran besar-besaran dari pasukan Turki. Gempuran itu adalah bagian dari upaya merebut Mosul, kota kedua terbesar di Irak.

Dalam pesan yang beredar secara daring, Muhajer menyebut kekalahan pasukan ISIS di berbagai daerah tahun ini sebagai kemunduran. Meski demikian, kelompok militan itu tidak juga dikalahkan oleh militer Suriah maupun Irak. (*)

BERITA REKOMENDASI