ISIS Gunakan Manekin Kecoh Tentara Amerika

Editor: Ivan Aditya

IRAK (KRjogja.com) – ISIS menggunakan replika tank dan Humvee dari kayu untuk mengecoh serangan udara koalisi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) untuk mendukung pasukan Irak dalam operasi pembebasan Mosul. Kelompok ekstrimis itu bahkan menggunakan manekin berjanggut untuk mensimulasikan anggotanya.

Tentara Irak menyita beberapa maket pekan lalu di sebuah situs pelatihan saat merebut wilayah utara Mosul dari tangan ISIS. Jika dilihat dari dekat, model maket tersebut menyerupai mainan namun dari jarak jauh mereka dianggap sebagai kendaraan nyata.

“Saat pasukan kami bergerak maju menuju daerah yang menjadi target untuk dibebaskan, Daesh menggunakan tank dan kendaraan yang terbuat dari kayu untuk mengalihkan pesawat militer,” kata Letkol Abbas al-Azaji.

Tidak diketahui dengan jelas seberapa efektif maket-maket tersebut menggagalkan serangan udara. Serangan udara selama ini mempunyai peran penting dalam operasi darat pasukan Irak untuk mengusir kelompok yang sempat mengusai sebagian besar wilayah negara itu pada tahun 2014.

Juru bicara angkatan udara AS yang berbasis di Baghdad, Kolonel John Dorrian mengatakan, koalisi telah mengetahui jika ISIS menggunakan umpan berbentuk kendaraan tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI