ISIS Luncurkan Roket Senjata Kimia

Editor: Ivan Aditya

IRAK (KRjogja.com) – Beberapa pejabat Amerika Serikat (AS) menduga ISIS menembakan roket berisi mustard ke pangkalan udara Qayyara di Irak. Pangkalan udara Qayyara adalah tempat beroperasinya pasukan Irak dan AS.

Pasca serangan tersebut, pasukan AS menguji dan mendapatkan laporan awal bahwa roket tersebut berisi bahan kimia yang dipercayai sebagai zat mustard. Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan pasukan langsung mendatangi lokasi mendaratnya roket yang ditembakkan oleh ISIS. Berdasarkan apa yang mereka lihat, mereka menduga bahwa itu adalah zat kimia dan melakukan dua kali uji coba lapangan.

Tentara AS yang terlibat dalam insiden itu kemudian menjalani dekontaminasi sebagai tindakan pencegahan. Tidak ada tentara yang menunjukkan gejala paparan, seperti kulit terbakar. “Saya tidak tahu kapan kasus seperti ini terjadi kepada pasukan AS sebelumnya,” kata seorang pejabat militer.

Para pejabat AS mengatakan mereka menduga ISIS mungkin akan mencoba menggunakan senjata kimia kepada pasukan AS dan Irak yang tengah berupaya untuk merebut kota Mosul dari ISIS. Ratusan tentara AS menggunakan pangkalan Qayyara sebegai area untuk mendukung pasukan Irak. (*)

BERITA REKOMENDASI