ISIS Rekrut Anggota Baru dari Pakistan

Editor: Ivan Aditya

PAKISTAN (KRjogja.com) – ISIS dilaporkan tengah melirik Pakistan untuk mencari anggota baru guna menambah kekuatan mereka di Mosul dan Raqqa. ISIS saat ini tengah dibuat kewalahan oleh serangan pasukan gabungan Irak di Mosul, dan pasukan pemberontak Suriah, serta tentara Suriah di Raqqa.

Menurut sejumlah pejabat militer di Pakistan, kehadiran ISIS di Pakistan dalam beberapa waktu terakhir terus mengalami peningkatan. Mereka bukan melakukan perekrutan, tapi juga melakukan serangan di Pakistan.

Para pejabat yang berbicara dalam kondisi anonim itu merekrut milisi Uzbekistan yang beroperasi di Pakistan dan juga membajak anggota Taliban. Pernyataan pejabat militer Pakistan ini dibenarkan oleh sejumlah petinggi Taliban. Para petinggi Taliban itu menuturkan, ISIS mulai merekrut anggota mereka untuk berperang di Mosul dan Raqqa.

Petinggi Taliban, yang juga berbicara dalam kondisi anonim menyebut, ISIS merekrut anggota Taliban yang tidak puas dengan kepemimpinan Taliban saat ini.

Di Pakistan sendiri, ISIS baru saja melakukan serangan yang bisa terbilang cukup besar. Kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu melakukan serangan terhadap sebuah kuil Sufi di negara tersebut, yang menewaskan setidaknya 52 orang. (*)

BERITA REKOMENDASI