ISIS Tangkap 3.000 Warga Irak

Editor: Ivan Aditya

IRAK (KRjogja.com) – Badan pengungsi PBB, UNHCR mengatakan, ISIS kemungkinan telah menangkap hingga 3.000 warga yang hendak melarikan dari sebuah desa di Irak. Tidak hanya itu, mereka juga telah mengeksekusi 12 orang diantara mereka.

“UNHCR telah menerima laporan bahwa ISIS pada tanggal 4 Agustus telah menangkap sampai dengan 3.000 pengungsi dari desa-desa di Hawiga, Provinsi Kirkuk yang mencoba untuk melarikan ke kota Kirkuk. Kabarnya, 12 pengungsi tewas di tahanan,” bunyi laporan UNHCR.

Laporan UNHCR ini muncul setelah pada Kamis lalu Obsevatorium Irak untuk HAM mengatakan sekitar 1.900 warga sipil telah ditangkap oleh sekitar 100-120 anggota ISIS. Mereka menggunakan warga sipil sebagai perisai terhadap serangan pasukan kemanan Irak. Puluhan warga sipil telah dieksekusi dan enam dibakar.

Bulan lalu, PBB menyerukan bantuan sebesar USD284 juta untuk mempersiapkan bantuan bagi serangan terhadap Mosul, serta bantuan lain sampai USD1,8 miliar untuk menangani akibat yang ditimbulkan serangan tersebut.

UNHCR sendiri telah mulai membangun sebuah situs di timur laut Mosul untuk menampung 6.000 orang. Mereka juga sedang mempersiapkan tempat penampungan lain di sebelah barat laut kota untuk 15 ribu pengungsi. (*)

BERITA REKOMENDASI