ISIS Tembak Jatuh Helikopter Rusia

Editor: Ivan Aditya

SURIAH (KRjogja.com) – ISIS mengklaim menembak jatuh helikopter militer Rusia di dekat Kota Palmyra, Suriah. ISIS melalui media propagandanya, Amaq, menyatakan helikopter militer Rusia telah dihancurkan oleh tembakan roket di Huwaysis, sebuah wilayah pedesaan di Provinsi Homs, Suriah.

Namun, versi Kementerian Pertahanan Rusia, helikopter  itu melakukan pendaratan darurat di dekat Kota Palmyra, kemudian ditembak usai mendarat. Beruntung, awak helikopter bisa menyelamatkan diri sebelum helikopter hancur akibat ditembak.

Wilayah Huwaysis berjarak lebih dari 200 km (120 mil) dari Hmeimim, sebuah pangkalan udara Rusia yang berlokasi di tenggara Kota Latakia, Suriah. ”Helikopter tersebut mengalami kerusakan ketika kembali ke pangkalan udara. Awak helikopter tidak terluka dan cepat kembali ke pangkalan udara Hmeimin berkat bantuan helikopter tim pencari dan penyelamat,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Seorang pejabat di kementerian itu mengatakan helikopter Rusia yang ditembak sedang menjalankan misi menyalurkan bantuan kemanusiaan di wilayah Tadmur. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau perang sipil yang sudah berlangsung lima tahun di Suriah, juga mengkonfirmasi penembakan terhadap helikopter militer Rusia di Huwaysis. (*)

BERITA REKOMENDASI