ISIS Terusir dari Raqqa

Editor: Ivan Aditya

IRAK, KRJOGJA.com – Milisi yang didukung Amerika Serikat, Pasukan Demokratik Suriah (SDF), mengibarkan bendera di stadion Raqqa sebagai simbol keberhasilan mereka mendepan ISIS dari ibu kota kelompok militan itu di Suriah setelah empat bulan bertempur.

"Semuanya telah selesai di Raqqa. Pasukan kami telah mengontrol penuh Raqqa," ucap juru bicara milisi tersebut, Talal Sello.

Meski berhasil mendepak ISIS dari Raqqa, pasukan SDF dilaporkan masih meluncurkan operasi untuk membersihkan kota dari ranjau dan beberapa militan yang tersisa di wilayah itu. "Kami sadar masih ada ranjau-ranjau dan jebakan lainnya di sejumlah tempat yang pernah dikuasai ISIS di kota ini. SDF akan terus mensterilkan wilayah di Raqqa," ucap juru bicara SDF lainnya, Ryan Dillon.

Pada dini hari ini, SDF bersama kelompok aliansi Kurdi lainnya dilaporkan berhasil merebut sejumlah objek vital kota seperti rumah sakit nasional dan sebuah stadion dari ISIS. Kedua bangunan itu dilaporkan menjadi objek terakhir yang dikuasai ISIS sebelum akhirnya terdepak dari Raqqa. (*)

BERITA REKOMENDASI