Israel akan Beri Penjelasan ke Rusia

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Komandan angkatan udara Israel akan memimpin sebuah delegasi ke Moskow pada Kamis untuk berbagi temuan militer terkait penembakan jatuh pesawat perang Rusia oleh Suriah. Insiden itu terjadi setelah serangan udara dilakukan Israel ke Suriah.

Delegasi yang ditujukan untuk Rusia itu, dipimpin oleh Mayor Jenderal Amikam Norkin. Dalam pertemuan itu, Israel menyebut akan "menyajikan laporan situasi … mengenai semua aspek" dari insiden itu. Hal ini disampaikan dalam sebuah pernyataan militer Israel seperti.

Pernyataan itu juga menyebut bahwa mereka juga akan memberikan informasi tentang upaya Iran yang memberikan sejumlah senjata ke organisasi teroris Hizbullah. Menurut Israel, Iran juga berencana untuk membangun pangkalan militer Iran di Suriah.

Pertahanan udara Suriah menembak jatuh pesawat militer Rusia pada hari Senin. Peristiwa ini telah menewaskan kelimabelas tentara dan awak di atas pesawat. Sebelumnya, rudal Israel menyerang wilayah pantai Latakia. Presiden Suriah Bashar al-Assad telah menyalahkan Israel atas insiden itu.

Setelah insiden hari Senin, militer Rusia menuduh pilot Israel menggunakan "pesawat Rusia sebagai topeng dan sengaka membuat pesawat tertembak oleh sistem pertahanan udara Suriah". (*)

BERITA REKOMENDASI