Israel Coba Buka Hubungan dengan Indonesia

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Pemerintah Israel dilaporkan tengah berupaya untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Indonesia dan Oman, setelah berhasil membuka hubungan dengan sejumlah negara di Timur Tengah dan Afrika. Akan tetapi, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia membantah ada upaya tersebut.

Seorang sumber diplomat di negara itu menyatakan mereka kini tengah menjajaki peluang normalisasi hubungan dengan Indonesia dan Oman. Informasi itu beredar setelah Israel berhasil melakukan normalisasi hubungan dengan Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), Sudan dan Maroko. Sumber itu menyatakan Negeri Zionis itu tengah berusaha mendekat kepada Oman dan Indonesia.

Saat dikonfirmasi, Kemlu RI menyatakan sampai saat ini tidak melakukan proses apapun terkait normalisasi hubungan dengan Israel. “Kemlu RI tidak melakukan langkah-langkah seperti yang dituliskan oleh media di atas, dan saya tidak tahu latar belakang tulisan tersebut,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com.

Faizasyah menyatakan sampai saat ini pemerintah Indonesia masih tetap berpegang terhadap konstitusi dan melanjutkan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

BERITA REKOMENDASI