Israel Dekati Prabowo Subianto untuk Normalisasi Diplomatik dengan Indonesia

ISRAEL, KRJOGJA.com – Pihak Israel masih terus berusaha adanya normalisasi diplomatik dengan Indonesia. Manuver dilakukan melalui investasi, bisnis, hingga intelijen.

Menurut laporan The Jerusalem Post, Jumat (14/1/2022), pendekatan yang dilakukan Israel tidak secara langsung, melainkan lewat proksi di sektor bisnis. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut didekati oleh pihak Israel.

Pertama, ada Shmuel Friedman yang pernah menjadi penasihat menteri pertanian Israel, Yair Samir. Ia aktif di sektor penelitian agrikultur di Indonesia. Melalui sektor tersebut ia mengenal Prabowo.

“Saya percaya bahwa hubungan antara negara perlu dimulai dari sini, dengan ketahanan pangan,” ujar Friedman.

Selanjutnya, ada nama Joey Allaham. Ia adalah teman dari Friedman, serta seorang pebisnis di Indonesia dan Timur Tengah.

Dia memakai pengaruhnya untuk mempertemukan antara asisten pribadi Prabowo, yakni politisi Partai Gerindra Sudaryono, dengan agen intelijen Israel di Budapest pada Mei 2021.

Dari situlah diskusi level tinggi Indonesia-Israel terjadi. Pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Joe Biden pun ikut mendorong normalisasi.

BERITA REKOMENDASI