Israel Dinilai Hambat Vaksin Covid-19 Masuk Palestina

Editor: Ivan Aditya

PALESTINA, KRJOGJA.com – Otoritas Palestina menuduh Israel menolak mengizinkan sekitar 2.000 dosis vaksin Virus Corona bagi petugas kesehatan Gaza. Kementerian kesehatan Palestina, yang berbasis di Tepi Barat yang diduduki Israel, telah merencanakan untuk mengirim dosis vaksin Sputnik V Rusia ke Gaza, wilayah terpisah yang diperintah oleh kelompok Islam Hamas.

Kementerian mengatakan Israel telah memblokir transfer vaksin tersebut. Menteri Kesehatan Mai al-Kaila menyebut Israel memikul tanggung jawab penuh atas tindakan sewenang-wenang ini. Pihaknya pun sedang berkoordinasi dengan organisasi internasional untuk mengatur pengiriman secepat mungkin.

COGAT, otoritas Israel yang menjalankan urusan sipil di wilayah Palestina yang diduduki, mengatakan Otoritas Palestina telah meminta untuk mentransfer 1.000 dosis vaksin ke Gaza tetapi “permintaan ini menunggu keputusan politik”.

Sumber-sumber Israel mengatakan dalam beberapa hari terakhir bahwa transfer itu bukan tindakan administratif sederhana di bawah lingkup COGAT. Melainkan keputusan politik yang mungkin terkait dengan pembicaraan antara Hamas dan Israel. (*)

BERITA REKOMENDASI