Israel – Hamas Berbalas Serangan

Editor: Ivan Aditya

PALESTINA, KRJOGJA.com – Serangan roket yang ditembakkan kelompok milisi Hizbullah di Libanon ke sejumlah wilayah di dekat Dataran Tinggi Golan Israel memicu serangan balasan oleh Israel.

Gejolak panas di sepanjang perbatasan pada pekan ini membuat Israel melancarkan serangan udara pertamanya ke wilayah Lebanon dalam tujuh tahun terakhir.

Sementara penembakan roket Hizbullah ke wilayah Israel kemarin adalah yang pertama kali sejak 2019. Hizbullah mengatakan pihaknya telah menembakkan lusinan roket ke area tanah terbuka di Israel, tepatnya di distrik perbatasan Shebaa Farms yang menjadi tanah sengketa.

Pada Jumat waktu setempat, juru bicara militer Israel Amnon Shefler mengatakan, “Kami tidak ingin serangan ini meningkat menjadi perang penuh, namun tentu saja kami bersiap jika hal itu terjadi” ujarnya.

Pernyataan disampaikan mengingat kehadiran pasukan Perdamaian Sementara PBB di Libanon, UNIFIL, yang berada di wilayah perbatasan.

Pertukaran serangan dikonfirmasi seorang wartawan berita AFP di Lebanon yang mengatakan mendengar beberapa ledakan dan melihat asap mengepul dari area sekitar Shebaa Farms. (*)

BERITA REKOMENDASI