Israel Kembali Temukan Terowongan Hizbullah

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Militer Israel (IDF) kembali menemukan terowongan bawah tanah yang diduga dibangun Hizbullah di perbatasan Libanon dengan negaranya.

"IDF menemukan sebuah terowongan bawah tanah baru milik Hizbullah yang melintasi perbatasan. Terowongan itu melewati wilayah Israel, seperti terowongan pertama yang belum beroperasi dan tidak menimbulkan ancaman segera bagi warga Israel," ucap juru bicara IDF, Jonathan Conricus.

Meski begitu, Conricus menolak memberi rincian terkait penemuan terbaru terowongan tersebut. Ia juga menyebut militer belum berencana menghancurkan terowongan itu, tetapi telah menempatkan sejumlah bahan peledak sebagai antisipasi jika fasilitas itu digunakan untuk menyusup ke wilayah Israel.

Conricus juga menuturkan Israel telah mengeluarkan peringatan dalam bahasa Arab bagi para penduduk di selatan Libanon untuk menjauhi lokasi tersebut. Ia mengatakan militer juga menyadari bahwa masih ada terowongan lainnya yang dibangun di perbatasan Libanon-Israel.

Meski belum mengetahui lokasi tepatnya, Israel sudah meminta pasukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIFIL) "mengambil tindakan memblokir pembangunan terowongan di perbatasan Libanon." Menanggapi penemuan terbaru militer, melalui pernyataan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan misi pencarian dan penghancuran terowongan ini adalah "operasi awal." (*)

BERITA REKOMENDASI