Israel Kembangkan Drone Skala Besar

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Militer Israel menyatakan akan membeli dan mengembangkan pesawat tanpa awak atau drone skala besar untuk meningkatkan kapabilitas pertahanan demi menghadapi ancaman Iran dan sekutu.

“Rencana ini akan meningkatkan kemampuan angkatan bersenjata Israel yang mematikan dalam hal ketepatan dan pengurangan durasi operasi militer,” ucap Panglima Militer Israel Aviv Avikom melalui pernyataan di rencana kerja angkatan bersenjata 2020-2024.

Rencana program kerja itu dikabarkan telah disetujui Menteri Pertahanan Naftali Bennett dan dipresentasikan kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Rencana itu selanjutnya akan dikirim ke kabinet keamanan Israel untuk persetujuan. “Kami ingin menciptakan kesenjangan yang lebih besar lagi antara kapabilitas militer kami dan musuh-musuh kami,” kata Juru bicara militer Israel Letnan Kolonel Jonathan Conricus.

“Kami akan memperoleh (drone) dalam jumlah yang sangat besar, memperoleh, mengembangkan, dan menyesuaikan, serta memperbarui untuk memiliki kemampuan memberikan kekuatan tembakan yang sangat tepat terhadap musuh,” kata Conricus.

Israel memang menjadi salah satu produsen drone terbaik di dunia bersama Amerika Serikat dan China. Namun, Israel tak menjabarkan perkiraan biaya untuk membeli dan mengembangkan alutsista tersebut. (*)

BERITA TERKAIT