Israel Ketahui Kebijakan Biden Cabut Sanksi Iran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat dilaporkan sudah memberi tahu Israel terkait keputusan Presiden Joe Biden mencabut seluruh sanksi terhadap Iran, yang diberlakukan di masa pemerintahan Presiden Donald Trump. Akan tetapi menurut sumber Biden tidak memberi tahu langsung Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, terkait keputusannya mencabut sanksi Iran.

Sumber itu mengatakan para penasihat kepresidenan AS menyarankan supaya Biden tetap memberi tahu Israel tentang keputusan itu. Sebab Iran adalah musuh bebuyutan Israel di Timur Tengah.

Selain itu, mereka juga meminta Biden memberi tahu Dewan Keamanan PBB terkait kebijakan diplomasi yang memang menjadi harapan Iran. Dalam pembicaraan melalui telepon dengan Netanyahu pada Rabu (17/2) lalu, Biden juga tidak menyinggung soal pencabutan sanksi Iran.

Sampai saat ini baik Israel maupun Iran belum memberi tanggapan atas keputusan Biden itu. Netanyahu sudah sejak lama memperingatkan bahwa dia tidak sepakat jika Biden memutuskan mencabut sanksi Iran. Sebab menurut dia hal itu malah membuka celah bagi Iran untuk melanjutkan program nuklir yang ditengarai bakal dibuat menjadi senjata.

Biden menyampaikan keputusan itu kepada Dewan Keamanan PBB melalui sepucuk surat yang diserahkan oleh Pelaksana Tugas Duta Besar AS untuk PBB, Richard Mills. (*)

BERITA REKOMENDASI