Israel Larang Anggota Kongres Muslim Amerika Berkunjung

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Israel melarang dua anggota kongres Muslim Amerika Serikat, Ilhan Omar dan Rashida Tlaib berkunjung ke negaranya. Keputusan ini sangat didukung oleh Presiden Donald Trump.

Ilhan Omar dan Rashida Tlaib dikenal sebagai anggota kongres yang turut mendukung boikot Israel atas perlakuannya terhadap Palestina. Keduanya juga sering melayangkan kritik ke Trump yang disebut memiliki hubungan dekat dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Netanyahu menyebut langkah ini mesti diambil sebab kedatangan dua anggota kongres itu dianggap membahayakan. "Satu-satu tujuan mereka adalah untuk menyakiti Israel dan meningkatkan hasutan untuk menentangnya."

Namun, Politisi AS meminta Israel mempertimbangkan kembali langkah tersebut. Pejabat senior Palestina Hanan Ashrawi juga menyebut penolakan itu sebagai "tindakan permusuhan yang keterlaluan terhadap rakyat Amerika dan perwakilan mereka".

Omar sendiri menganggap ini merupakan keputusan "mengerikan" dan "penghinaan terhadap nilai-nilai demokrasi. Omar dan Tlaib, yang berdarah Palestina, rencananya tiba di Israel pada akhir pekan dalam kunjungan yang akan membawa mereka ke wilayah Palestina. (*)

BERITA REKOMENDASI