Israel Minim Dukungan jadi Anggota Dewan Keamanan PBB

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Israel menarik diri dari persaingan dengan Jerman dan Belgia untuk memperebutkan kursi keanggotaan Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020. Sebelumnya Israel, Jerman, dan Belgia harus bersaing ketat demi mendapatkan dua kursi yang disisihkan untuk Kelompok Eropa Barat dan lainnya.

Mundurnya Israel dari bursa pencalonan sebagai Dewan Keamanan PBB ini mengurangi saingan bagi Jerman dan Belgia. Hanya saja mereka masih harus bersaing untuk mendapatkan suara dukungan sebanyak dua per tiga suara Majelis Umum PBB.

Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 negara akan melakukan pemungutan suara pada bulan Juni untuk memilih anggota baru Dewan Keamanan PBB yang akan bertugas mulai 1 Januari 2019 mendatang.

"Sudah diputuskan bahwa kami akan tetap bergerak bersama sekutu-sekutu kami guna membuka kemungkinan bagi Israel mewujudkan haknya berpartisipasi dan dilibatkan secara penuh dalam proses pengambilan keputusan di PBB," kata misi Israel untuk PBB dalam pernyataan.

Seorang sumber di PBB yang tidak ingin diungkapkan jati dirinya mengatakan bahwa Israel menarik pencalonan karena rendahnya peluangnya menang. (*)

BERITA REKOMENDASI