Israel Serang Basis Tentara Iran

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Israel dilaporkan menyerang sejumlah wilayah basis Iran di Hama dan Tartus, Suriah, pada Selasa (04/09/2018). Menurut lembaga kemanusiaan, Observatoriun Suriah untuk Hak Asasi Manusia, serangan itu menewaskan tiga pasukan Suriah, melukai 14 warga Suriah, dan 9 warga Iran.

Kelompok pemantau berbasis di Inggris itu mengatakan sejumlah rudal menghantam Wadi al-Oyoun, pusat Provinsi Hama. Lokasi ini dekat dengan pusat penelitian ilmiah yang sempat menjadi target serangan Israel pada Juli dan 2017 lalu.

Meski demikian, angkatan udara Suriah berhasil melumpuhkan sejumlah rudal lainnya yang dijatuhkan jet-jet tempur Israel. "Sistem pertahanan udara merespons agresi Israel yang dilakukan menggunakan jet-jet tempur dan menargetkan beberapa posisi militer kami di Provinsi Hama dan Tartus," bunyi sumber militer.

Sementara itu, seorang juru bicara militer Israel menolak menanggapi serangan terbaru pasukannya itu di Suriah. Seorang pejabat militer Israel lainnya mengatakan pasukannya telah meluncurkan setidaknya 200 serangan di Suriah selama 18 bulan terakhir. Sebagian besar serangan itu memang menargetkan basis Iran. (*)

BERITA REKOMENDASI