Isu Corona Serang Trump

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA,com – Presiden Donald Trump membantah bahwa dirinya telah membohongi publik Amerika Serikat terkait bahaya virus corona. Bantahan itu muncul setelah buku berjudul ‘Rage’ karya jurnalis AS, Bob Woodward dirilis.

Ketika ditanya mengenai alasannya berbohong kepada rakyat AS dalam konferensi pers di Gedung Putih, ia mengaku tidak melakukan hal itu. Trump berkeras bahwa ia hanya melakukan upaya meredam penduduk panik sehingga mereka tetap tenang.

Dalam sebuah kampanyenya di Freeland, Michigan, Trump mengatakan bahwa pendekatannya terhadap Covid-19 cocok dengan yang dilakukan oleh pemerintah Inggris saat terjadi Perang Dunia II, merujuk pada poster terkenal “Tetap tenang dan teruskan”.

Pengakuan Trump kali ini berbanding terbalik dengan rekaman wawancara Woodward untuk bukunya yang direkam pada Maret lalu. Dalam wawancara telepon yang direkam, Trump mengatakan jika ia memang sengaja menggunakan strategi mengecilkan pandemi untuk berusaha menimialkan bahaya ketika menyampaikannya ke publik. (*)

BERITA REKOMENDASI