Jadi Perdana Menteri ke-7 Malaysia, Mahathir Mohamad Bersumpah

 MALAYSIA, KRJOGJA.com – Bertempat di Istana Negara, Mahathir Mohamad, resmi diambil sumpahnya oleh Raja Malaysia Muhammad V sebagai perdana menteri ke-7 Malaysia menggantikan Najib Razak. Ia berjaya setelah oposisi Pakatan Harapan yang dipimpinnya memenangkan pemilu dengan perolehan 112 kursi dari 222 kursi parlemen yang diperebutka.

Seperti dilansir South China Morning Post, Kamis (10/5/2018), Mahathir yang menumpangi mobil Proton, merek mobil nasional yang digagasnya berpelat "Proton 2020" tiba di Istana Negara sekitar pukul 16.40 waktu setempat.

Ketika menjabat sebagai perdana menteri, Mahathir pernah menjanjikan akan mengembangkan status Malaysia pada 2020.

Mahathir membacakan sumpahnya di hadapan Raja Muhammad V, dan segera setelahnya ia menandatangani pengesahannya sebagai perdana menteri Malaysia. Demikian seperti disiarkan televisi pemerintah Malaysia, Bernama.

Kabar awal yang beredar menyebutkan, pelantikan Mahathir dijadwalkan akan dimulai pukul 17.00. Namun, baru pada sekitar pukul 22.00 waktu setempat, ia resmi diambil sumpahnya. Tidak dijelaskan mengapa terjadi penundaan yang cukup lama.

Mahathir mengenakan busana tradisional Melayu berwarna hitam lengkap dengan peci senada saat pelantikannya. Sang istri, Siti Hasmah Mohamad Ali, pun memakai baju warna serupa.

Terpilih sebagai perdana menteri di usianya ke-92 tahun, menjadikan Mahathir sebagai pemimpin tertua di dunia.(*)

BERITA REKOMENDASI