Jadi Presiden DK PBB Lagi, Indonesia Serukan Perkuat Perdamaian Saat Pandemi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Selain merayakan hari kemerdekaan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan, Agustus 2020 merupakan bulan yang sangat spesial bagi Indonesia. Indonesia kembali menjadi Presiden Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB).

“Agustus tahun ini kita memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia dan selain itu pada Agustus tahun ini Indonesia juga memegang presidensi Dewan Keamanan PBB,” kata Menlu Retno Marsudi dalam press briefing yang digelar secara virtual pada Kamis (23/7/2020).

Menlu Retno Marsudi menjelaskan, presidensi di DK PBB ini merupakan yang kedua bagi Indonesia, setelah pada Mei 2019 juga memegang posisi yang sama dengan mengambil tema Investing in Peace atau menabur benih perdamaian.

“Perdamaian bukan sesuatu yang dapat hadir dengan sendirinya, tapi harus terus disemai, dipelihara terus-menerus,” ujar Retno.

“Oleh karena itu, sebagai kelanjutan dari tema presidensi tahun lalu, maka presidensi tahun ini Indonesia mengambil tema Advancing Sustainable Peace atau ‘Memajukan Perdamaian yang Abadi’,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI