Jair Bolsonaro Klaim Pandemi di Brasil Berakhir

Editor: Ivan Aditya

BRASIL, KRJOGJA.com – Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengklaim negaranya sudah berada di masa akhir pandemi virus corona (Covid-19), meski jumlah kasus infeksi dan kematian justru meningkat. Para ahli kesehatan setempat bahkan memperkirakan Brasil akan memasuki gelombang dua pandemi Covid-19.

“Kita berada di ujung pandemi. Dibandingkan dengan negara lain, pemerintahan kita adalah yang terbaik, salah satu yang terbaik, dalam menangani pandemi,” kata Bolsonaro.

Komentar Bolsonaro menanggapi kritik dari kelompok oposisi. Sebab sampai saat ini Covid-19 sudah menewaskan hampir 180 ribu penduduk setempat. Tingkat kematian di Negeri Samba adalah yang kedua tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat.

Jumlah kematian akibat Covid-19 di Brasil sempat mencapai seribu orang per hari antara Juni hingga Agustus. Namun, pada November lalu turun menjadi 300 kematian per hari.

Akan tetapi, pada pekan ini jumlah kematian akibat Covid-19 per hari kembali naik menjadi 800 orang. Tingginya tingkat infeksi juga membuat kapasitas ruang unit perawatan intensif di rumah sakit penuh.

Rencana vaksinasi di Brasil pun kini terseret ke dalam pusaran persaingan politik menjelang pemilihan presiden 20211 mendatang, antara Bolsonaro sebagai petahana melawan kandidat pesaingnya yang saat ini menjabat Gubernur Sao Paulo, Joao Doria. (*)

BERITA REKOMENDASI