Jamaah Harus Tingkatkan Kewaspadaan

MAKKAH, KRJOGJA.com- Jemaah haji Indonesia asal Embarkasi JKG menjadi korban kecelakaan lalu lintas di jalanan Kota Makkah Arab Saudi. Diduga saat hendak menyeberang, jemaah tersebut salah menoleh arah kendaraan.

Menurut Kepala Daker Mekah, Subhan Cholid, jemaah tersebut kemungkinan salah mengantisipasi kendaraan saat menyeberang jalan. Di Tanah Air, kendaraan melaju di jalur kiri, sedangkan di Arab Saudi ada di kanan. 

"Jemaah tersebut sudah dibawa ke rumah sakit dan sudah diobati disana, dan yang menabrak juga sudah diproses di Kepolisian, dia akan bertanggung jawab sampai kesembuhan jemaah tersebut," kata Subhan Cholid kepada Tim MCH, Rabu (24/7).

Karena itu Subhan mengimbau jemaah haji Indonesia agar memperhatikan tata cara berlalu lintas di Arab Saudi yang ada di hotel-hotel jemaah haji. "Bagaimana cara menaiki kendaraan dan juga menyeberang jalan. Karena ini menyangkut kebudayaan," ujarnya.

Disamping itu, jemaah juga harus berhati-hati ketika menaiki lift hotel dan tangga jalan (eskalator) Masjidil Haram. Karena ada beberapa laporan jemaah yang mengenakan kain ihram terjepit eskalator sehingga terjatuh. "Oleh karena itu kami mengimbau jemaah untuk berhati-hati baik di jalan, hotel  maupun di Masjidil Haram," ungkapnya. (Feb)

 

BERITA REKOMENDASI