Jamaah Wafat Jelang Wukuf Bertambah

ARAFAH (KRjogja.com) – Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kesehatan mencatat jumlah jamaah meninggal bertambah satu lagi. Dengan demikian, total jamaah wafat menjadi 89 orang. 

Sampai saat ini juga tercatat 17 jamaah dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia (KKHI) dan empat jamaah dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).
Ketiga jamaah wafat di Arafah yaitu Sanipah Kawi Sholeh (76) dari SUB 30, Sarah Marjuki Sere (84) JKG 33, dan Sukro Gimin Sali (71) SUB 39. Data sebelumnya, 86 jamaah haji Indonesia wafat di Arab Saudi sepanjang penyelenggaraan haji tahun ini. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga Amirul Hajj begitu tiba di Arafah sekira pukul 15.30 waktu Arab Saudi langsung melakukan pengecekan ke tenda-tenda jamaah. Menag menyapa jamaah yang berada di Maktab 7, antara lain jamaah kloter 39 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 39) serta SOC 63. Kepada setiap jamaah yang ditemuinya, Menag menyapa akrab sembari melambaikan tangan dan juga berjabatan tangan. 

Seringkali Menag berhenti cukup lama untuk menanyakan kabar, bagaimana perjalanan dari Makkah ke Arafah, juga fasilitas water fan yang sudah terpasang di tenda. Tak lupa Menag menitip pesan agar jamaah tidak lupa mendoakan kebaikan dan kemajuan Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI