Jamaika dan Haiti Bersiap Hadapi Topan Matthew

KINGSTON (KRjogja.com) – Warga Jamaika dan Haiti bersiap untuk menghadapi terjangan topan Matthew yang akan tiba di negara-negara Karibia itu pada Senin besok. Pemerintah lokal di Jamaika menyebut kedatangan topan kategori 4 itu sebagai sebuah krisis nasional. 

Menurut pantauan CNN, Minggu (2/10/2016), tempat-tempat perlindungan badai di Jamaika telah dibuka, semua badan pemerintah bersiaga memfasilitasi upaya evakuasi, semua kelengkapan telah bersedia untuk mengantisipasi mati listrik dan para nelayan diminta untuk tidak melaut. Toko-toko masih buka untuk menyediakan kebutuhan bagi para pembeli yang mempersiapkan kebutuhan guna menghadapi hantaman badai beberapa hari ke depan.

Sementara di Haiti peringatan topan telah diumumkan pada Sabtu sore waktu setempat dari perbatasan dengan Republik Dominika dan Le Mole St. Nicolas di selatan. Pusat Topan Nasional Haiti memprediksi Matthew akan menyebabkan banjir bandang dan longsor yang berbahaya. 

Dalam skala Saffir-Simpson, Matthew dikelompokkan dalam topan kategori 4 yang memiliki kecepatan maksimal hingga 241 kilometer per jam. Matthew sempat membesar menjadi topan kategori 5 selama beberapa jam sebelum kembali mengecil. Setelah Jamaika dan Haiti, Matthew diramalkan akan menerjang Kuba, Bahama, dan Florida Selatan pekan depan. (*)

BERITA REKOMENDASI