Jasad Manusia Ditemukan dekat Egyptair Jatuh

KAIRO (KRjogja.com) – Kapal pencari yang dikontrak pemerintah Mesir menemukan serpihan yang dipastikan sebagai jasad manusia di laut dalam tempat kecelakaan pesawat EgyptAir penerbangan MS804 di Laut Mediterania, kata panitia penyelidikan kecelakaan pesawat Mesir pada Minggu. 

Kapal John Lethbridge, milik Deep Ocean Search dari Mauritius, mengarah ke pelabuhan Iskandariyah untuk menyerahkan serpihan itu kepada pihak berwenang, kata panitia itu dalam pernyataan. Mereka akan kembali ke lokasi kecelakaan tersebut untuk memeriksa lebih lanjut kemungkinan masih ada serpihan semacam itu, kata pernyataan tersebut.

Pesawat Airbus A320 itu jatuh ke bagian timur Laut Mediterania saat mengarah ke Paris dari Kairo pada 19 Mei dan menewaskan seluruh 66 orang di dalamnya. Penyebab kecelakaan tersebut belum diketahui.

Pesawat itu diyakini jatuh di bagian terdalam Laut Mediterania. Penyelidik mulai memeriksa kotak hitam perekam penerbangan dan mengambil keterangan dari satu kotak hitam lainnya.

Puing pesawat itu dibawa ke bandar udara Kairo pada pekan lalu, saat penyelidik mencoba menyusun kembali bagian itu untuk membantu menemukan kemungkinan penyebab kecelakaan tersebut.

Tidak ada penjelasan terkait kecelakaan itu yang disingkirkan. Namun mantan para pejabat maupun yang masih bertugas dalam penerbangan semakin yakin bahwa alasan kecelakaan itu terletak dalam sistem teknis pesawat itu, alih-alih disebabkan oleh adanya sabotase.

Ulasan awal dari alat perekam penerbangan pesawat itu menunjukkan bahwa terdapat asap di kamar mandi dan sistem penerbangan saat mengambil puing-puing bagian depan pesawat itu, yang menunjukkan kerusakan yang dikarenakan oleh tingginya suhu, tanda fisik pertama bahwa kemungkinan terjadi kebakaran di pesawat itu. (*)

BERITA REKOMENDASI