Jemaah DIY Mulai Salat Arba’in di Nabawi

Editor: Ivan Aditya

MADINAH, KRJOGJA.com – Jemaah calon haji (Calhaj) asal DIY, yang tiba di Madinah Al-Munawwarah mulai Jumat (17/06/2022) dini hari langsung melakukan berbagai aktivitas di ‘Kota Nabi’ ini. Kegiatan pokoknya salat Arba’in, yaitu salat lima waktu secara berjemaah selama 40 kali, di Masjid Nabadi. Di sela-sela salat wajib, juga berziarah ke berbagai tempat, antara lain Makam Baqi’, Jabal Uhud, Parit Khondak, kebun kurma dan percetakan Alquran.

Jemaah DIY yang pertama kali mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah adalah Kloter 18-SOC yang berisi jemaah asal Sleman. Setelah mendarat pukul 20.30 Waktu Arab Saudi (WAS) atau pukul 00.35 WIB, jemaah KBIHU Ar-Raudhah, KBIHU Ad-Dakwah, KBIHU An-Nuur, KBIHU Ar-Rahmah, dan KBIHU Al-Barokah ini antri untuk melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian. Setelah itu baru keluar bandara untuk menuju Madinah menggunakan bus. Pemeriksaan dokumen keimigrasian lancar, meski jemaah harus maju ke loket satu persatu.

Sesampai Madinah, menurut Ahmad Fauzi SH, personel Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), mereka ditempatkan hotel berbintang yang cukup bagus, yaitu Artal International Hotel. Jaraknya dengan halaman Masjid Nabawi hanya sekitar 50 meter. Meski tiba dinihari, paginya para jemaah langsung memulai arba’in dengan Salat Subuh di Masjid Nabawi.

Kedatangan jemaah DIY berikutnya adalah Kloter 19-SOC dari Bantul, yang mendarat di Bandara AMAA, Jumat (17/06/2022) pukul 11.50 WAS (14.50 WIB). Kemudian pada Sabtu (18/06/2022) hari ini ada dua kloter jemaah DIY yang tiba di Madinah, yaitu Kloter 20-SOC (gabungan jemaah Yogyakarta, Kulonprogo, dan Bantul), pukul 03.05 WAS (07.05 WIB) dan Kloter 21-SOC (gabungan jemaah Gunungkidul dan Sleman) pukul 20.25 WAS (00.25 WIB).

Dengan begitu, mayoritas jemaah DIY sudah berada di Madinah. Tinggal 31 orang asal Sleman yang tergabung dalam Kloter 43-SOC dan akan diterbangkan ke Tanah Suci Minggu 3 Juli 2022 pukul 02.55 WIB mendatang. (Fie)

BERITA REKOMENDASI