Jemaah Gelombang II Tiba di Jeddah Sudah Berihram Sejak dari Embarkasi

Editor: Ivan Aditya

JEDDAH, KRJOGJA.com- Kedatangan jemaah haji gelombang II di Bandara King Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi mulai mendarat, Sabtu (20/7) pukul 03.12 WAS. Jemaah haji kloter 18 Embarkasi Ujung Pandang (UPG) menjadi yang pertama mendarat.

Sejumlah 455 jemaah haji tersebut disambut Wakil Duta Besar RI untuk Arab Saudi Dicky Yunus dan sejumlah pejabat lain, seperti Konjen RI Jeddah Hery Saripuddin, Konsul Haji dan Umrah KJRI Jeddah Endang Jumali. Saat tiba di Bandara Jeddah, mereka sudah mengenakan kain ihram sejak dari Embarkasi.

Jemaah juga sudah berniat ihram saat melintas di atas wilayah Ya Lam Lam. Turun dari pesawat, jemaah langsung menuju paviliun untuk kemudian diberangkatkan ke Mekkah dengan bus.

"Selamat kepada bapak ibu mendapatkan kesempatan menunaikan rukun islam kelima. Hal ini patut disyukuri karena tidak semua mendapat kesempatan ibadah haji," kata Dicky.

Ia juga berpesan kepada jemaah haji untuk menjaga kondisi fisik karena masih ada 39 hari lagi di Tanah Suci. Cuaca di Arab Saudi berbeda dengan Tanah Air karena memiliki suhu yang lebih panas.

"Jangan lupa untuk minum dan makan sesuai yang dijadwalkan. Sehingga saat wukuf dalam keadaan sehat dan semua rukun haji terlampaui," katanya.

Selanjutnya jemaah juga harus menjaga hati. Saat puncak haji akan terdapat jutaan orang melakukan ritual yang sama. Jika terjadi senggolan, atau terinjak direlakan saja agar menjadi penambah kemabruran hajinya.

Yang ketiga menjaga nilai-nilai persatuan. Sejak dulu jamaah Indonesia dikenal tertib, teratur, damai,m dan gotong royong. Tularkan kepada jamaah lainnya. "Utamakan ibadah wajib. Sebab wukuf masih ada beberapa hari ke depan. Semoga menjadi haji mabrur," ucapnya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI