Jemaah Haji DIY Mulai ‘City Tour’ di Madinah

Editor: Agus Sigit

MADINAH  KRJOGJA.com – Di sela melaksanakan Salat Arba’in di Masjid Nabawi (salat fardhu berjemaah berturut-turut sampai 40 kali), jemaah DIY mulai diajak city tour sekitar Madinah, Sabtu (19/6). Berangkat usai Subuh, dan menjelang masuk waktu Salat Dhuhur sudah sampai hotel lagi.
H Ahmad Fauzi SH, petugas haji Indonesia dari Madinah kepada KR menjelaskan, city tour diawali jemaah kloter 18-SOC (dari Sleman), dan kloter 19-SOC (Bantul). Sedang untuk Senin (20/6) jemaah kloter 20 SOC dan 21SOC. Objek yang dikunjungi Masjid Quba, makam Syuhada Uhud, Jabal/bukit Uhud, Masjid Qiblatain, parit  Khandaq, dan mampir di kebun Kurma.
“Masing-masing kloter dipandu langsung oleh TPHI & TPIHI. Berangkat dari hotel pukul 06.00 setelah Shubuh dan makan pagi serta berakhir kembali ke hotel pukul 10.30, sehingga waktu untuk salat Dhuhur sebagai bagian dari hitungan Arba’in tidak ketinggalan,” katanya.
Sedang Edy, jemaah dari KBIHU Ar Raudhah menginfokan, saat di Masjid Qubah ada suami istri bikin panik teman-teman yang sudah siap pulang untuk persiapan Arba’in. Keduanya malah belum kembali ke bus dan tidak bisa ditelepon. Setelah ketua regu dibantu teman mencari ke setiap sudut setiap lorong masjid, akhirnya ketemu.
“Jalau di Jabal Uhud sangat panas, kira-kira sampai 50 derajat Celcius. Disarankan pakai alas kaki yang cukup tebal, karena kalau hanya 2 cm masih cukup panas. Pakai payung pun tetap terasa panas, sehingga lebih sering minum dan menyeprotkan air zamzam yang dingin ke muka,” cerita Edy.
Jamaah Hajar Aswad Bantul yang dibimbing Ust Masruqi, Minggu pagi juga ziarah ke Masjid Quba’ , Masjid  Qiblatain, Jabal Uhud dan pasar kurma. Jemaah merasa senang dan bersyukur bisa berziarah di tempat yang bersejarah.
Sedang jemaah yang belum dapat giliran city tour lebih konsentrasi ke Masjid Nabawi. Rombongan jemaah KBIHU Ar-Rahmah salat malam di Masjid Nabawi, Sabtu malam. Jemaah yang dipimpin Wagiman Noto Wiyono lanjut salat  Syuruq, juga salat sunah di awal saktu Dluha. Jemaah senang karena hotelnya sangat dekat dengan Masjid Nabawi.
Usai salat Subuh di Masjid Nabawi, jemaah Multazam Kulonprogo ziarah ke makam Baqi. Sementara sebagian Ibu-ibu ke Raudhah. Agus Nirwan juga menginfokan, seluruh anggota sehat dan semangat beribadah.
Jamaah Hajar Aswad Sleman kloter 21 SOC yg dibimbing ust M Rosyid tiba di Madinah Sabtu malam. Sebelum mengawali Arbain, salat Subuh, foto bersama di halaman masjid. Rombongan ini menginap di hotel Mirage Al Salam, dekat Masjid Nabawi. “Jamaah dalam kondisi sehat wal afiat, ”  Ust Agus Priyanto melaporkan. (Fie/No)

BERITA REKOMENDASI