Jemaah Haji Kini Dilarang Sentuh Kakbah dan Hajar Aswad

Editor: Ivan Aditya

ARAB, KRJOGJA.com – Arab Saudi secara resmi mengeluarkan protokol yang wajib diikuti oleh jemaah haji tahun ini, termasuk melarang menyentuh Kakbah dan Hajar Aswad. Pemerintahan Raja Salman Juni lalu memutuskan tetap menggelar ibadah haji meski dengan jemaah yang terbatas karena ancaman penyebaran virus corona.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Saudi menetapkan protokol untuk mengurangi tingkat infeksi dan memastikan keselamatan jemaah. Aturan ketat diberlakukan di seluruh lokasi pelaksanaan ibadah haji.

Mulai 19 Juli, pihak berwenang akan membatasi orang masuk ke Mina, Muzdalifah, dan Arafah. Petunjuk dan peringatan mengenai pencegahan Covid-19 dipasang di semua area dan ditulis dalam berbagai bahasa.

Penyelenggara harus mengatur jemaah haji untuk mencegah penumpukan di lokasi Tawaf di sekitar Kakbah. Para jemaah diminta menjagai jarak setidaknya 1,5 meter. Begitu juga di tempat Sai, ritual berjalan antara Safa dan Marwah.

Penyelenggara harus mengatur jamaah berjalan mengikuti garis yang telah dibuat agar bisa menjaga jarak. Petugas dipastikan akan membersihkan lokasi sebelum dan sesudah kelompok jemaah tiba.

Selanjutnya jemaah tidak boleh menyentuh Kakbah dan Hajar Aswad. Di sana akan dipasang penghalang untuk mencegah jemaah yang mencoba mendekati.

Karpet-karpet di masjid tidak akan dipasang sehingga para jemaah harus menggunakan alas pribadi ketika beribadah untuk mengurangi kemungkinan penyebaran infeksi. Jemaah juga tidak diizinkan makan di masjid. (*)

BERITA REKOMENDASI