Jemaah ‘Sapu Jagad’ DIY Tiba Hari Ini

Editor: KRjogja/Gus

MADINAH, KRJOGJA.com – Kelompok terbang (kloter) 97 Embarkasi Solo (SOC) yang seluruhnya merupakan jemaah asal DIY menjadi salah satu kloter yang mengakhiri fase kepulangan jemaah haji gelombang II. Rombongan dilepas langsung Dirjen PHU Kemenag RI Prof Nizar Ali di Hotel Manazil Al Falah Sektor III Madinah, Sabtu (14/9) sore WAS. Diperkirakan Kloter 97 SOC akan sampai di debarkasi dan ke kabupaten/kota masing-masing pada Minggu (15/9) sore ini WIB.

"Kami mohon maaf jika selama melayani bapak ibu banyak kesalahan. Namun kami sudah berusaha maksimal agar dapat memberikan layanan terbaik kepada seluruh jemaah haji Indonesia," ucap Prof Nizar Ali sela pelepasan.

Turut mendampingi Direktur Bina Petugas Khoirizi H Dasir, Ketua PPIH Arab Saudi Endang Jumali serta Kadaker Madinah Akhmad Jauhari. Ditambahkan Nizar, pihaknya juga berterima kasih terhadap jemaha haji Indonesia yang senantiasa tertib mengikuti segala aturan yang sudah ditetapkan selama di Saudi Arabia.

"Jaga kemabruran haji saat di tanah air. Jangan berhenti untuk menimba ilmu, dengan membentuk kelompok pengajian sesuai kloter ini," sambungnya.

Selain itu Nizar juga mengajak seluruh Kloter 97 SOC bersyukur karena dapat diberangkatkan sebagai kloter sapu jagad setelah adanya kuota tambahan 10 ribu. Selain itu pihaknya bertekad mempertahankan seluruh kebijakan yang positif pada musim haji tahun ini untuk kembali dilaksanakan pada periode mendatang.

Sementara itu Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah Madinah Arsyad Hidayat menjelaskan, pemberangkatan atau kepulangan jemaah haji terakhir dari Arab Saudi ke tanah air tersebut pada Minggu (15/9) dini hari WAS. Pada waktu pemulangan tersebut akan diberangkatkan empat kloter, yakni Kloter 97 SOC, 15 BPN, 40 UPG dan 19 BDJ.

 "Jemaah haji Indonesia yang terakhir pulang BPN 15 diberangkatkan pukul 02.25 WAS.
Pemulangan tersebut menuntaskan proses pemulangan seluruh jemaah haji Indonesia 2019 dari Arab Saudi," ucapnya.

Jemaah haji Indonesia yang masih tinggal di Arab Saudi hanya yang masih dalam perawatan di RS Arab Saudi atau Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI). Arsyad menambahkan, selama ini proses pemulangan jemaah haji berlangsung lancar.

Seperti diketahui, jumlah jemaah haji Indonesia pada  2019  berjumlah sebanyak 229.613 orang, terdiri dari jemaah haji regular sebanyak 212.732 orang dengan 529 kelompok terbang (kloter) dan jemaah haji khusus sebanyak 16.881 orang dengan 270 Penyelenggara Haji Khusus (PIHK).

Pemulangan jemaah haji Indonesia dilakukan sejak 17 Agustus untuk gelombang pertama di Makkah yang diberangkatkan melalui bandara Jeddah. Untuk gelombang kedua pemulangan dari Bandara Madinah. (Feb)

 

 

BERITA REKOMENDASI