Jembatan Kaca China Siap Dibuka

Editor: Ivan Aditya

BEIJING (KRjogja.com) – Jembatan kaca terbesar dan terpanjang di dunia yang ada di China akan dibuka untuk umum akhir pekan ini. Jembatan tersebut menghubungkan dua tebing gunung yang dikenal sebagai gunung Avatar (tempat syuting film Avatar) di Zhangjiajie provinsi Hunan.

Pembangunan jembatan selesai pada bulan Desember serta menghabiskan dana sebesar 3,4 juta dollar untuk membangun jembatan sepanjang 430 m ini. Berdasarkan keterangan pemerintah, jembatan ini dirancang oleh seorang arsitek asal Israel bernama Haim Dotan. Haim sendiri sudah memecahkan rekor dunia untuk karya arsitekturnya. Jembatan ini juga dilapisi dengan 99 panel kaca transparan tiga lapis.

Untuk urusan keamanan, pemerintah Tiongkok telah mengadakan beberapa acara untuk uji coba dan meyakinkan warga bahwa jembatan ini aman. Saat uji coba diadakan, beberapa relawan memukul dasar jembatan kaca dengan palu.

Selain itu, sebuah mobil yang dipenuhi penumpang menyeberangi jembatan tersebut pada awal tahun ini. Pemerintah juga mengatakan jembatan ini mampu menampung maksimal 8.000 pengunjung dalam setiap harinya. (*)

BERITA REKOMENDASI