Jenis Baru Covid-19 Ditemukan di Jepang, Lebih Menular!

Belum usai masalah virus Covid-19 jenis baru dari Inggris, Brazil dan Afrika Selatan. Kini bertambah lagi virus Covid-19 jenis baru di benua Asia, tepatnya di Jepang.

Mengutip Ny Post, Sabtu (20/2/2021) Jepang mengonfirmasi ada kasus Covid-19 jenis baru di negaranya, dengan kluster baru muncul di fasilitas imigrasi Tokyo. Menjadikan tantangan Jepang menghadapi pandemi Covid-19 gelombang ketiga di negaranya semakin bertambah.

Menurut keterangan Kepala Sekretaris Kabinet, Katsunobu Kato pada Jumat 19 Februari kemarin, kasus dari varian baru Covid-19 ini ditemukan dalam 91 kasus di daerah Kento, Jepang Timur dan dua kasus positif yang terdapat di bandara.

Lima orang staf staf dan 39 tahanan asing dari total 130 orang di fasilitas imigrasi Tokyo telah terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Untuk tahanan asing yang kewarganegaraannya tidak disebutkan tersebut, menurut juru bicara Biro Imigrasi Regional Tokyo, tidak ada satu kasus pun yang serius dan saat ini semua yang terinfeksi sedang dikarantina.

Dengan situasi ini, Pemerintah Jepang saat ini diketahui tengah meningkatkan pengawasan terhadap varietas mutasi virus baru tersebut, karena kemungkinan virus itu bisa lebih kebal terhadap vaksin yang akan mulai didistribusikan di Jepang pada pekan ini.

“Kemungkinan ini lebih menular daripada jenis yang konvensional sebelumnya, dan jika terus berlanjut menular secara domestik maka itu akan menimbulkan kenaikan angka kasus dalam waktu cepat,” kata Katsunobu Kato.

Menurut National Institute of Infectious Diseases, strain baru yang sepertinya datang dari luar negeri, tapi berbeda dari tipe lain yang telah ditemukan secara sporadis di Jepang. Strain tersebut, dikatakan mempunyai mutasi E484K pada protein lonjakan virus yang telah ditemukan dalam varian lain, yang mana bisa merusak efektivitas vaksin.

Sementara itu, dari keterangan Menteri Kesehatan Jepang, Jepang sendiri telah melaporkan sebanyak 151 kasus Covid-19 dari virus variasi Inggris, Afrika Selatan dan Brazil. Sejauh ini, Jepang tercatat sebagai negara dengan angka positif Covid-19 lebih dari 400.000 kasus.

BERITA REKOMENDASI