Jepang Ajak Dunia Putus Hubungan dengan Korut

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono meminta negara-negara di dunia memutus hubungan diplomatik dengan Korea Utara untuk menekan negara terisolasi itu segera menghentikan program nuklir dan rudalnya.

"Kami harus mendesak negara-negara untuk memutus hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Korea Utara," kata Kono dalam pidatonya.

Kono mengatakan selama ini ada sekitar 160 negara di dunia yang menjalin hubungan diplomatik dengan rezim Kim Jong-un. Indonesia adalah salah satu di antara negara-negara yang berhubungan dengan Pyongyang.

Dia mengatakan saat ini bukan waktu yang tepat bagi masyarakat internasional untuk membujuk Korut menghentikan ambisi nuklirnya melalui cara dialog. "Sekarang adalah waktunya masyarakat internasional bersatu untuk memaksimalkan tekanan terhadap Korut dengan mengambil tindakan konkret mengupayakan denuklirisasi di Semenanjung Korea," ucap Kono.

Pemutusan hubungan ini juga sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB yang belakangan dikeluarkan guna menanggapi uji coba nuklir keenam pemerintahan Kim Jong-un pada awal September lalu. (*)

BERITA REKOMENDASI