Jepang Bangun Dua Kapal Perang Halau Serangan Amerika

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJA.com – Menteri Pertahanan Nobuo Kishi mengatakan Jepang akan membangun dua kapal perang dilengkapi sistem rudal pencegat Aegis. Pembangunan dua kapal itu dilakukan setelah oposisi memaksa pemerintah Jepang menghentikan pengerahan sistem peluru kendali berbasis darat yang dinilai terlalu mahal.

Awal tahun ini, Jepang memang menangguhkan rencana mengerahkan sistem pertahanan Aegis Ashore yang dikembangkan Amerika Serikat di timur laut Akita dan prefektur Yamaguchi barat setelah muncul kendala teknis dan biaya yang membengkak.

Sebagai alternatif, Kishi, mengatakan pemerintah berencana “membangun dua kapal dengan sistem egis”. Kishi juga mengumumkan bahwa kementeriannya berencana meningkatkan jangkauan peluru kendali ground-to-ship yang memungkinkan mereka menargetkan ancaman dari jarak yang lebih jauh.

“Peningkatan ini ditujukan untuk memperkuat kemampuan pertahanan, tetapi tidak untuk ditujukan demi mendapat kapasitas untuk menyerang wilayah musuh,” papar Kato.

Lembaga penyiaran publik, NHK, mengatakan pejabat Jepang berencana mendapat persetujuan kabinet soal pembangunan kapal tersebut paling cepat pekan depan. (*)

BERITA REKOMENDASI